Mau Konsultasi Ustadz via whatsapp? Ikuti Panduan Ini!

konsultasi ustadz via whatsapp adalah salah satu cara yang dikembangkan oleh banyak pihak dikarenakan kepedulian terhadap iman para umat Islam khususnya di Indonesia. Kalau dulu, untuk mendengarkan ceramah maka Masjid adalah tempat yang dituju.

Namun sekarang, dengan semakin canggihnya teknologi membuat mereka yang ingin mendengarkan atau memahami tentang Al-Quran bisa menggunakan gadget yang dimiliki. Ada aplikasi yang memudahkannya atau bisa juga menggunakan nomor yang memang diberikan oleh pihak tertentu.

Kita tahu bahwa seorang ustadz adalah mereka yang memiliki pengetahuan yang luas dalam agama Islam, termasuk pemahaman tentang Al-Qur’an, hadis, fiqh, dan prinsip-prinsip Islam lainnya. Karena itu, mereka dapat memberikan nasihat yang berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang mendalam dalam hal-hal keagamaan.

Selain itu, seorang Ustadz juga memiliki wawasan yang kuat tentang nilai-nilai Islam dan perspektif Islam terhadap berbagai masalah kehidupan sehari-hari. Mereka dapat membantu umat Islam untuk memahami bagaimana menerapkan ajaran agama dalam konteks modern dan menyelesaikan masalah sesuai dengan pandangan Islam.

Dari sinilah banyak pengembang atau mereka yang ingin membantu lebih banyak umat Islam untuk mengenal agama mereka sendiri dengan membuka layanan Konsultasi Ustadz via whatsapp. Apalagi, aplikasi yang satu ini sudah pasti dimiliki oleh semua orang baik anak anak maupun orang tua.

Cara Mudah Cari Ustadz untuk Tanya Jawab.

Perikop diatas bukan berarti mendiskreditkan seorang ulama namun tidak ada salahnya untuk mencari ustadz yang memang benar benar memahami agama dengan baik. Tidak salah jika memilih ustadz yang memiliki pemahaman yang baik tentang konteks sosial, budaya, dan lingkungan di mana Anda tinggal.

Hal ini penting agar nasihat yang diberikan relevan dengan situasi dan tantangan yang Anda hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, melakukan Konsultasi Ustadz via whatsapp memperkecil pertentangan sehingga lebih adem dan nyaman.

Selain itu, pastikan juga ustad tersebut dapat dengan mudah dihubungi melalui WhatsApp dan responsif terhadap pertanyaan atau permintaan konsultasi. Ustad yang ketersediaannya terbatas atau lambat dalam merespons mungkin tidak cocok untuk konsultasi melalui platform ini.

Etika Mengirim Pesan Kepada Ustadz.

konsultasi-ustadz-via-whatsapp

Meski berbasis online bukan berarti adab untuk bertanya tidak diperlukan. Justru ini sangat penting agar tidak menimbulkan hal yang kurang baik diantara keduanya. Anda bisa memulainya dengan menunjukkan sikap hormat menggunakan kata kata ‘ustad’ atau ‘ustazah’

Kemudian, berikan konteks yang luas agar mereka dapat memahami pertanyaan dengan baik. Misalnya menjelaskan situasi atau kondisi dari permasalahan yang sedang dihadapi dengan singkat dan jelas.

Bersikap terbuka adalah salah satu etika yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Artinya, jangan merasa terzolimi jika ternyata nasihat yang diberikan berbeda dengan harapan Anda. Ingatlah bahwa apapun yang diberikan oleh ustadz semata mata agar kehidupan Anda jauh lebih baik.

Dan jangan lupa, untuk menghindar pertanyaan yang membuat ustadz tidak merasa nyaman. Pertanyaan yang sifatnya pribadi sebaiknya dihindarkan kecuali kalau memang sangat penting dan masih berkaitan dengan konsultasi yang dilakukan.

Terakhir, bersabarlah. Seorang ustadz sekalipun pasti memiliki kesibukan atau waktu untuk melakukan aktivitas. Bahkan, mereka juga harus menjawab beberapa pertanyaan dari para penanya. Melakukan hal hal yang buruk yang kesannya memaksa justru kurang baik bagi Anda sendiri.

Bagaimana, sudah siap untuk melakukan Konsultasi Ustadz via whatsapp? Diharapkan dengan jalur ini kehidupan Islami Anda jauh lebih berubah dan semakin baik.