16 Desember Memperingati Hari Apa? Cek di Sini

16 Desember memperingati hari apa? Menurut Kalender Gregorian, 16 Desember merupakan hari ke 350 yang juga 15 hari menuju akhir tahun. kenali peristiwa disini.

Peringatan peristiwa tertentu pada 16 Desember memperingati hari apa tidak hanya dilakukan di Indonesia, melainkan terdapat perayaan di berbagai belahan dunia lain. Berikut ini berbagai peristiwa yang diperingati setiap tanggal 16 Desember:

  1. Hari Karangan Bunga Nasional.

Setiap tanggal 16 Desember memperingati hari apa, seluruh masyarakat Amerika merayakan Hari Karangan Bunga Nasional. Tujuannya yaitu mengenang veteran yang gugur sekaligus mengajari nilai kebebasan pada anak sedini mungkin.

Peringatan ini dilaksanakan setiap tahun pada hari sabtu ketiga Desember yang dilakukan di pemakaman-pemakaman tertentu. Peletakan karangan bunga bermaksud memberi kenangan bagi mereka yang gugur dalam pengorbanan bagi negara.

  1. HUT BRI.

16 Desember menjadi hari peringatan ulang tahun Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bank yang berdiri pada 16 Desember 1895 ini sudah ada sejak masa penjajahan dan dinobatkan sebagai bank paling tua di Indonesia yang terus berdiri hingga sekarang.

Mulanya, BRI bernama De Poerwokerto Sche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden. Tujuannya yaitu mengelola sampai menyalurkan dana dari masjid untuk masyarakat dalam skema sederhana.

Seiring berkembangnya zaman, BRI terus memberi pelayanan perbankan yang berfokus pada segmen kecil, menengah, dan mikro demi menunjang kondisi ekonomi masyarakat.

  1. Kemerdekaan Kazakhstan.
16-desember-memperingati-hari-apa

Negara Kazakhstan berhasil meraih kemerdekaan tanggal 16 Desember 1991. Negara ini menjadi negara Soviet paling akhir yang memproklamasikan kemerdekaan. Inilah mengapa setiap tanggal 16 Desember menjadi hari yang sangat berarti untuk setiap masyarakat Kazakhstan.

Kemerdekaan Kazakhstan bermula ketika Presiden kala itu, Nursultan Nazarbayev membuka ibu kota baru dengan sistem parlemen baru. Masyarakat Kazakhstan merayakan kemerdekaan dengan berbagai cara seperti berpesta, berdansa, berdandan, serta menikmati berbagai makanan lezat.

  1. Hari Raya Saraswati

Hari Raya Saraswati merupakan hari raya yang dirayakan setiap enam bulan oleh para pemeluk agama Hindu di Bali. Mereka percaya bahwa hari tersebut menjadi hari ketika manusia mendapat ilmu pengetahuan.

Tidak semua kalangan masyarakat merayakan Hari Raya Saraswati, melainkan kebanyakan dilakukan siswa, penekun kerohanian, serta orang yang mengabdi suatu ilmu.

Perayaan yang menjadi bentuk terima kasih atas ilmu pengetahuan ini dilaksanakan pada pagi atau siang hari. Selama perayaannya, tidak diperbolehkan menulis dan membaca.

  1. Hari Akademi TNI.

Hari Ulang Tahun AKABRI atau Hari Akademi TNI dimulai pada 16 Desember 1965 saat semua Akademi angkatan diubah menjadi AKABRI. Hingga pada 1999, AKABRI secara resmi mengubah namanya menjadi TNI sampai saat ini.

Pendidikan AKABRI didirikan oleh adanya rivalitas yang begitu tinggi antar anggota angkatan. Tak hanya itu, ada banyak sekali persaingan yang terjadi. Demi menyatukan persepsi maupun visi, maka POLRI serta Angkatan Perang segera disatukan.

  1. Hari Rekonsiliasi Afrika Selatan.

Afrika Selatan pernah mengalami peristiwa apartheid yang membedakan antara kulit putih dan kulit hitam. Ketika itu, masyarakat kulit hitam mengalami keterbatasan kesempatan, akses, dan selalu mendapat perlakuan buruk.

Untuk menghapus kesenjangan yang ada, maka sejak 1994 diperkenalkan Hari Rekonsiliasi setiap tanggal 16 Desember. Tujuan dari peringatan ini adalah mewujudkan keharmonisan terutama pada wilayah yang masih harus mengalami ketidakadilan.

Nah itu dia sekilas pembahasan mengenai 16 Desember memperingati hari apa yang ternyata menjadi salah satu tanggal penting bagi dunia.