Apa itu Oot Dalam Bahasa Gaul? Simak Penjelasannya

apa itu oot dalam bahasa gaul? Istilah ini seringkali dipergunakan oleh anak-anak muda jaman sekarang saat mengobrol. Seperti biasa, dalam setiap generasi anak muda mempunyai bahasa slangnya sendiri yang tidak selalu sama dengan generasi orangtuanya di saat muda.

Apalagi anak sekarang lebih suka mencampuradukkan berbagai macam bahasa ke dalam obrolannya. Salah satunya adalah OOT ini sendiri yang sering dipergunakan dalam obrolan mereka baik di media sosial maupun percakapan nyata sehari-hari.

Apa Itu Oot dalam Bahasa Gaul?

Apa-itu-Oot-Dalam-Bahasa-Gaul

Mungkin saat mendengar istilah ini dalam sebuah obrolan, masih ada yang bertanya-tanya, apa itu OOT dalam bahasa gaul? Bagi kalangan anak muda tentu saja, ini bukanlah hal yang aneh untuk digunakan dalam percakapan, namun bagi orangtua ada juga yang belum memahaminya.

  1. Pergaulan di Dunia Nyata.

Dalam pergaulan anak sekarang, istilah OOT ini sendiri awalnya adalah diadaptasi dari frasa bahasa Inggris, yakni “out of topic”. Dimana artinya adalah percakapan yang sudah meluber ke luar topik, atau ingin menyela pembicaraan dengan mengatakan sebuah hal diluar topik yang sedang diperbincangkan.

Terkadang memang ketika sedang berkumpul bersama teman kemudian mengobrolkan sebuah topik yang serius, tanpa terasa menjadi keluar dari topik utama. Hal ini akibat pembicaraan yang seru, sehingga merembet ke hal-hal yang lainnya.

Berbeda lagi dengan hal tersebut, terkadang ada juga teman yang mendadak mengatakan hal-hal lain yang diluar topik. Sehingga membuat pembicaraan menjadi kurang menyenangkan akibat beda jalur, itulah sebabnya orang tersebut disebut OOT.

Meskipun terkadang seru, namun sebaiknya melakukan pembicaraan di luar topik sebelum topik utama selesai jangan dilakukan. Hal ini dapat mengakibatkan teman-teman atau kenalan yang terlibat dalam komunikasi tersebut menjadi tidak senang.

  1. Pergaulan di Dunia Maya.

Meskipun beda dunia, namun arti OOT dalam dunia nyata maupun dunia maya pada dasarnya mempunyai makna yang sama. Istilah ini kerap digunakan baik saat melakukan obrolan melalui pesan ataupun kolom komentar.

Ketika seseorang melemparkan sebuah topik kemudian ada orang lain yang bergabung namun obrolannya tersebut keluar dari topik utama yang diperbincangkan. Misalnya ketika seseorang membahas mengenai spare part motor, namun ada orang yang membahas mengenai fashion yang trend.

Contoh berikutnya adalah ketika ada seseorang yang membahas mengenai kuliner, namun ada orang yang bergabung malah membahas skincare. Membahas topik lain di luar topik utama tersebut merupakan keadaan atau hal yang diwakili oleh istilah ini.

Terkadang peristiwa ini terjadi tanpa sengaja yang dilakukan secara bersama-sama oleh semua peserta dalam obrolan tersebut. Kalau hal seperti ini terjadi secara bersama-sama tentu tidak akan menimbulkan ketidaknyamanan karena dilakukan bersama-sama.

Apa itu OOT dalam bahasa gaul? Istilah ini juga memiliki arti yang sama dengan kata tidak nyambung yang artinya tidak relevan dengan pembicaraan. Itulah sebabnya, ketika baru bergabung dalam sebuah obrolan baik di dunia nyata maupun dunia maya sebaiknya menyimak terlebih dahulu.

Mendengarkan dengan baik dan memperhatikan komentar yang lain akan menghindarkan dari kejadian OOT ini. Apalagi ketika lingkungan tersebut masih baru dengan banyak orang yang tidak terlalu dikenal, pastinya akan malu saat menyadari bahwa obrolannya tidak nyambung.

Semoga beberapa penjelasan dan uraian singkat diatas mengenai apa itu OOT dalam bahasa gaul, dapat membantu memberikan pencerahan. Memahami banyak bahasa slang yang sering dipergunakan dalam perbincangan terkini akan membuat terhindar dari kesan kudet alias kurang update.