NT Adalah? Istilah Kekinian yang Viral di TikTok

Akhir-akhir ini istilah atau akronim bahasa gaul semakin sering tampak di laman media sosial. nt adalah salah satunya, Suatu istilah yang dikaitkan dengan rasa penghargaan atau penolakan harus kepada orang lain.

Apakah kepanjangan dari NT? Bagaimana contoh penggunaannya? Lalu, kapan boleh memakainya? Scroll untuk mendapatkan semua jawabannya!

NT adalah?

Urban Dictionary mengungkapkan NT merupakan akronim dari teks bahasa English “Nice Try” yang maknanya “upaya yang baik” atau “percobaan yang bagus”.

Maka dari itu, biasanya akronim ini diucapkan sebagai wujud penghargaan maupun penolakan yang lebih santun. Khususnya terhadap orang yang sudah melakukan suatu tindakan atau upaya tertentu secara optimal, namun hasil yang didapatkan mengecewakannya.

Entah itu gagal saat melamar pekerjaan, ketika menyatakan perasaan, memasak menu tertentu, maupun mendapatkan nilai jelek setelah mengerjakan soal ujian.

Oleh sebab itu, makna dari istilah ini bisa terkesan positif atau bisa juga sebagai kata candaan untuk menghibur orang yang gagal tersebut secara sopan. Supaya orang yang menerima kata-kata ini tidak sakit hati.

Namun, bisa pula menjadi kata sarkasme untuk menyindir orang yang sedang melakukan perbuatan buruk, tapi tak berhasil.

Selain NT, bila ingin menggunakan kata-kata yang lebih halus, bisa menggunakan frasa nice move atau nice work.

Contoh Penggunaan NT

  1. “Strategi kamu untuk menyembunyikan kertas contekan itu cukup brilian sih, sayang sedikit kurang perhitungan. NT.”
  2. “Alasan Anda cukup meyakinkan, namun tak semudah itu kami dikelabui. NT.”
  3. “Upaya PDKT kamu cukup menyentuh hati. Tapi sayang, cinta gak bisa dipaksa. NT.”
  4. “Sabar ya, Anda sudah belajar dengan keras dan menjawab soal dengan teliti. NT.”
  5. “Udah abis banyak waktu dan materi, eh si dia malah nikah sama orang lain. NT.”

Kapan Memakai Kata NT yang Tepat?

Istilah NT adalah frasa yang tidak bisa asal digunakan. Berikut momen yang tepat untuk menggunakannya.

  • Dapat Pesan dari Orang Asing.

Di era digital, biasanya sangat banyak modus penipuan dengan beragam cara. Jika mendapatkan pesan dari nomor tak dikenal, menggunakan kata NT, jadi momen yang tepat. 

  • Memotivasi Orang.

Selain untuk menghibur, NT juga berguna untuk memotivasi seseorang yang mengalami kegagalan. Jadi, ucapkan frasa NT diikuti kata-kata motivasi lainnya, agar tujuan penggunaannya bisa tersampaikan dengan baik. 

Contohnya, “Anda telah NT saat berulang kali meminta maaf padanya. Semoga suatu saat ia luluh dan mau memaafkan.”

  • Penolakan Halus Atas Pernyataan Cinta.

Momen ini adalah cikal bakal yang membuat frasa NT viral di platform medsos TikTok. Ketika seorang pria mencoba mengajak gebetannya kencan, lalu dibalas dengan NT oleh wanita pujannya. 

  • Posting Status di Sosmed.

Umumnya, orang-orang membuat status atas dasar peristiwa yang telah dialaminya, memberikan semangat untuk warganet, atau menyindir seseorang. Maka dari itu, ketika mengupload postingan di sosmed, menyelipkan frasa NT sangat lumrah dilakukan.

  • Menyindir atau Meledek Seseorang.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, NT bisa digunakan sebagai sarkasme atau bahan candaan. Maka dari itu, ketika menemukan orang yang gagal melakukan kejahatan atau mengalami kesialan, ucapkanlah NT.

Kesimpulannya

Kesimpulannya, NT adalah frasa yang dapat digunakan dalam berbagai momen, baik itu untuk menghibur, meledek, memotivasi, menyindir, hingga memberikan penghargaan kepada seseorang yang sudah melakukan sesuatu secara optimal, namun gagal.