Nolep Adalah? Ini Pengertian, Ciri-Ciri, dan Perbedaannya

Akhir-akhir ini, banyak bermunculan istilah baru yang hits di aplikasi jejaring sosial. nolep adalah salah satunya. Lantas, apa arti dari nolep?

Bagi individu yang tidak mengikuti trend masa kini, tentu jarang memahami arti dari setiap istilah gaul yang muncul. Terlebih bahasa gaul yang bermunculan umumnya terdengar unik serta berbeda daripada bahasa yang biasanya dipakai di keseharian, termasuk bahasa gaul baru, yakni nolep.

Nah, supaya tidak salah memahami apa arti dari nolep, artikel ini akan membahas lebih lanjut pengertian dari nolep lengkap dengan ciri-ciri perilakunya.

Nolep Adalah

Bahasa gaul terkadang terdengar asing bagi kebanyakan orang. Namun, untuk anak muda yang hits di aplikasi jejaring sosial, tentunya bahasa gaul menjadi bahasa keseharian yang dipakai.

Sebagaimana bahasa gaul yang umumnya memelesetkan kata, nolep juga menjadi istilah yang dipelesetkan dari kata berbahasa Inggris, yakni no life berarti tidak adanya kehidupan. Maksudnya, orang nolep adalah individu yang sepertinya enggan mempunyai keinginan tertentu di hidupnya.

Di samping itu, nolep adalah individu yang menganggap keberadaannya enggan diharapkan oleh orang sekitar sehingga bepergian keluar rumah adalah hal mustahil bagi mereka.

Meskipun terkesan sarkasme, nolep adalah kata yang seringnya dianggap hal lucu guna mendeskripsikan individu yang lebih menyukai kesendirian dan berdiam di rumah.

Uniknya lagi, di aplikasi jejaring sosial, banyak video yang bermunculan mengenai orang yang nolep di mana mendeskripsikan individu yang lebih menyukai untuk rebahan, tidak adanya kesibukan, dan cenderung ansos atau anti sosial.

Ciri-Ciri Perilaku Nolep

Berikut adalah beberapa ciri dari perilaku individu yang nolep yang perlu diketahui agar lebih memahami maksud dari kata nolep itu sendiri:

1. Menyukai rebahan daripada pergi bersama teman.

2. Memilih melakukan segalanya sendiri daripada pergi berbarengan dengan sesamanya.

3. Cenderung terlihat orang yang anti sosial, yakni tidak minat bersosialisasi dengan sekitar.

4. Kurang bergaul sehingga jarang memiliki sahabat dekat.

5. Tidak senang melakukan apa-apa sehingga terlihat tidak memiliki kesibukan dalam kesehariannya.

Perbedaan Nolep dan Introvert

Istilah nolep dan introvert sering kali dianggap mempunyai maksud yang sama. Padahal, keduanya memiliki arti dan perilaku yang beda.

Nolep adalah individu yang dianggap tidak mempunyai kehidupan sehingga lebih suka menyendiri dan tidak ingin bersosialisasi dengan sekitarnya. Sementara itu, introvert adalah kepribadian yang dianggap tidak menyukai keramaian dan perlu memenuhi kembali energinya dengan mengerjakan aktivitas sendirian atau me time.

Jika ditelaah, keduanya merupakan hal yang berbeda meskipun perilaku yang terlihat sekilas mirip. Lebih lanjut, inilah beberapa perbedaan antara nolep dan introvert, antara lain:

  1. Orang berperilaku nolep kurang tertarik untuk beraktivitas di luar rumah dan hanya berdiam diri di rumah, sedangkan orang introvert memiliki tanggung jawab yang mengharuskannya pergi keluar rumah.
  1. Orang berperilaku nolep kurang minat berinteraksi dengan sekitarnya, sedangkan orang introvert masih suka melakukan kegiatan bersama dengan teman-temannya.
  1. Orang berperilaku nolep kurang suka dengan pergaulan, sedangkan orang introvert masih bisa bergaul dengan sekitarnya meskipun hanya pada lingkup kecil atau beberapa orang saja.

Demikian penjelasan singkat tentang arti nolep beserta ciri-ciri perilakunya dan perbedaannya dengan kepribadian introvert. Dengan mengetahui hal tersebut, seseorang dapat lebih mengerti ragam istilah gaul yang kini tengah trend di kalangan anak muda yang menggunakan aplikasi jejaring sosial.